News & Media

Peserta BarengRun Yogyakarta seusai lari lima kilometer di kawasan Jalan Magelang, Minggu (22/5/2022).

Pre Event Indonesia International Marathon, BarengRun di Yogyakarta diikuti 12 Komunitas

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Indonesia International Marathon gelar agenda fun run bertajuk BarengRun – Road to Indonesia International Marathon yang dihelat serentak di delapan kota.

Kegiatan tersebut merupakan pre event dari ajang Indonesia International Marathon yang akan digelar Bali pada 26 Juni 2022 mendatang.

Agenda itu merupakan ajang yang diselenggarakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang didukung Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Kemenpora, Pemerintah Bali, dan Dekranasda Bali.

Di Yogyakarta, pre event ini diikuti 12 komunitas lari yang terdiri dari 72 peserta. PIC BarengRun Yogyakarta, Nugroho Dewayanto mengatakan agenda yang digelar Minggu (22/5/2022) pagi itu berjalan dengan baik.

Untuk jarak tempuh BarengRun Yogyakarta sepanjang lima kilometer. Dengan garis start dan finish di kawasan Jalan Magelang KM 5.

Dari pantauan Tribun Jogja kegiatan itu dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan peserta sudah kembali pukul 07.30 WIB.

“Host BarengRun Yogyakarta itu dari Kagama Lari untuk Berbagi, lalu diikuti peserta lainya, Pelayon Jogja, Musang Runners, Indo Runners, Delayota Runners dan beberapa lainnya,” katanya.

“Seluruh peserta sangat antusias pagi ini, dan acara berjalan baik. Karena agenda ini sifatnya memang fun run, untuk senang-senang dan suka-suka lari,” sambung Nugroho saat ditemui Tribun Jogja, seusai kegiatan.

Selain itu Nugroho menginformasikan ajang pre event ini akan memberikan dua tiket gratis dan diskon kepada peserta.

“Nanti kita akan ada dua free slot ikut di Bali, dan diskon 20 persen bagi peserta yang ikut saat ini,” jelas ia.

Sebagai informasi, Indonesia International Marathon ini adalah sebuah event kompetisi lari maraton berstandar dunia. Untuk itu pelaksanaannya akan mengacu kepada standar AIMS – World Athletics yang telah diimplementasikan pada maraton kelas dunia seperti The Abbot World Marathon Majors.

Dalam event ini nanti akan turut mengundang berbagai atlet elit mancanegara untuk ikut berkompetisi dalam ajang lari yang memiliki berbagai kategori, mulai dari 5k, 10k, Half Marathon, hingga Maraton.

Indonesia International Marathon menghadirkan Riena Tambunan sebagai Race Director, juga diperkuat dengan membawa David Katz sebagai race measurer yang telah berpengalaman mengukur jarak berbagai kompetisi maraton internasional, serta Manabu Tanaka sebagai Technical Advisor.

“Saya berharap dengan adanya acara Indonesia International Marathon dan acara BarengRun ini, Indonesia menjadi semakin siap untuk menggelar ajang lari maraton kelas dunia yang diselenggarakan dengan standar internasional dan menjadi ajang kebanggaan Indonesia. Saya ikut mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung kelancaran acara ini dan tunjukkan semangat Indonesia Sehat, Indonesia Hebat,” ungkap Race Director, Riena Tambunan. (tsf)