News & Media

Bareng Run di Balikpapan yang menempuh jarak 5K dihadiri oleh komunitas-komunitas pelari Balikpapan.

Indonesia International Marathon Hadirkan Bareng Run-Road to IIM di Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Sebagai dukungan menjelang Indonesia International Marathon atau IIM 2022 yang akan dilaksanakan di Bali 26 Juni 2022, IIM hadirkan acara fun run bertajuk BarengRun – Road to Indonesia International Marathon serentak di 8 kota.

IIM merupakan agenda tahunan KONI Pusat yang telah mendapatkan dukungan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Kementerian  Negara Pemuda dan Olah Raga, Pemerintah Provinsi Bali dan Dekranasda Provinsi Bali.

Dalam event ini nanti akan mengundang atlet elit mancanegara untuk ikut berkompetisi dalam ajang lari yang memiliki berbagai kategori, mulai dari 5K, 10K, Half Marathon, hingga Marathon.

IIM menghadirkan Riena Tambunan sebagai Race Director, juga diperkuat dengan membawa David Katz sebagai race measurer yang telah berpengalaman mengukur jarak berbagai kompetisi maraton internasional, serta Manabu Tanaka sebagai Technical Advisor.

Chairman dari Organizing Committee Indonesia International Marathon, I Made Cakra Adi mengatakan, Indonesia International Marathon ini adalah sebuah event kompetisi lari maraton berstandar dunia yang pelaksanaannya akan mengacu kepada standard AIMS-World Athletics yang telah diimplementasikan pada marathon kelas dunia seperti The Abbot World Marathon Majors.

Di Balikpapan diselenggarakan Bareng Run bersama beberapa komunitas lari yang ada di Balikpapan yang juga didukung oleh komunitas Run For Indonesia (RFI) Balikpapan.

Kapten RFI Balikpapan, Novan mengaku ia sangat terkesan dengan antusias komunitas lari di Balikpapan terbukti dengan ketika ia membuka pendaftaran untuk menyelenggarakan Bareng Run, kuota melebihi batas ekspektasi.

“Kami saat itu mau buat 50 orang saja. Per komunitas misal 5 orang. Namun ternyata antusiasnya pelari Balikpapan ini sangat besar hingga kami tambah kuota, bahkan ketika h-1 masih ada juga yang konfirmasi mau ikut,” papar Novan dengan semangat.

Untung Bareng Run serentak ini, untuk Balikpapan sendiri memiliki jumlah 100 orang yang ikut berpartisipasi.

Acara dimulai pada jam 06:30 dan start dari Balikpapan Plaza, peserta berlari menempuh jarak 5K dari Plaza Balikpapan, Lapangan Merdeka, hingga kembali ke titik finish di Plaza Balikpapan.

Ketika sampai acara dilanjut dengan pembagian doorprize yang berupa t-shirt, voucher gopay hingga hadiah utama yaitu 2 slot untuk mengikuti IIM di Bali.

Novan menambahkan dia berharap dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan semangat pelari Balikpapan untuk meramaikan IIM mendatang.

“Alhamdullilah, dari sini saja sudah ada yang mendaftar. Indonesia jadi semakin siap untuk menggelar ajang marathon ini,” tutur Novan. (*)