News & Media

Logo Indonesia Marathon 2020(DOK. Indonesia Marathon)

Indonesia Marathon Edisi Pertama Digelar di Jakarta Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Edisi pertama Indonesia Marathon bakal digelar di Jakarta pada 23 Agustus 2020 mendatang. Indonesia Marathon merupakan ajang berskala internasional yang diprediksi akan mendobrak tren lomba marathon di Indonesia karena juga mengusung konsep sport tourism. Konsep tersebut membuat rute Indonesia Marathon 2020 akan melewati berbagai monumen yang menjadi ciri khas dan keunikan Jakarta. Baca juga: Ini Jawaban Maitimo soal Kedekatannya dengan Agnez Mo Tidak hanya itu, rute Indonesia Marathon 2020 juga akan melewati tol dalam kota. Alhasil Indonesia Marathon 2020 akan menjadi event lari pertama di Jakarta yang menutup jalan tol. Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, berharap melalui event ini Indonesia bisa memiliki identitas baru di dunia olahraga internasional. Hal itu disampaikan Marciano dalam konfrensi pers peluncuran Indonesia Marathon 2020 di Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (27/2/2020). “Kami berharap pemerintah bisa memberi dukungan dalam hal kebijakan untuk menyukseskan Indonesia Marathon 2020,” kata Marciano Norman. “Kami ingin Indonesia bisa punya event marathon internasional seperti Jepang, Inggris, atau Jerman,” ujar Marciano Norman menambahkan.

Menpora, Zainudin Amali (tengah kiri) dan Ketua Umum Koni Pusat, Marciano Norma, (tengah kanan) dalam acara konfrensi pers peluncuran Indonesia Marathon 2020 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.(KOMPAS.com/ M. Hafidz Imaduddin) Ketiga negara yang disebutkan Marciano Norman termasuk penyelenggara The Abbot World Marathon Majors. The Abbot World Marathon Majors adalah seri yang terdiri dari enam lomba marathon terbesar dan paling terkenal di dunia. Selain Jepang, Inggris, dan Jerman, Amerika Serikat menjadi negara keempat penyelenggara yang menggelar tiga lomba di tiga kota yang berbeda.

Untuk menyelenggarakan Indonesia Marathon 2020, KONI bekerja sama dengan PT Tata Media Prima. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengapresiasi gebarakan yang dilakukan KONI dalam menyelenggarakan Indonesia Marathon. “Indonesia Marathon adalah hasil inovasi yang menarik dari KONI. Secara konsep harapannya Indonesia Marathon bisa menjadi marathon dengan standar internasional,” kata Zainudin Amali. “Kemenpora dan Kemenparkeraf akan mendukung dan semoga ke depan bisa menjadi kalendar resmi olahraga dan pariwisata nasional,” ujar Zainudin Amali. Edisi pertama Indonesia Marathon menargetkan 10.000 peserta baik itu pelari nasional maupun internasional Sama seperti lomba marathon pada umumnya, Indonesia Marathon juga akan melombakan empat nomor yakni full marathon (42k), half marathon (20k), 10k, dan 5k. Selain hadiah uang miliaran rupiah, pemenang juga akan memperebutkan Piala Bergilir hingga Piala KONI untuk berbagai nomor.