News & Media

Indonesia Marathon Digelar 8 Agustus, Ikutan Yuk!

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama The Media Place (PT Tata Media Prima) akan menggelar Indonesia Marathon pada 8 Agustus mendatang sebagai bagian dari rangkaian perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Acara ini didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Mengusung konsep sport tourism, ajang maraton perdana ini akan mengajak para peserta melalui beberapa objek ikonik dan bersejarah. Lokasinya sendiri akan berbeda setiap tahunnya.

Di seri pertamanya, Indonesia Marathon bakal digelar di Jakarta. Destinasi berikutnya adalah Mandalika pada 2022, Belitung pada 2023, Danau Toba pada 2024, dan Banyuwangi pada 2025. Di masing-masing lokasi ini, pihak penyelenggara akan menyiapkan rute lari spektakuler yang akan memberikan pengalaman baru, aman, dan nyaman bagi para pesertanya.

Sebagai ajang lari maraton internasional pertama di Indonesia, Indonesia Marathon menggunakan standar dunia dalam pelaksanaannya, yakni AIMS/IAAF (World Athletics) yang sudah diimplementasikan pada ajang maraton kelas dunia, seperti Abbott World Marathon Majors.

Kategori yang dilombakan meliputi Marathon 42K, Half Marathon 21K, 10K, dan 5K. Diharapkan dapat menarik hingga 15.000 pelari, informasi terkait pendaftaraan Indonesia Marathon bisa dipantau lewat akun Instagram @indonesiainternationalmarathon atau situs resminya.

Indonesia Marathon akan memberikan hadiah miliaran rupiah bagi para pemenang di empat kategori yang dilombakan. Hal ini menjadikan ajang ini sebagai lomba maraton dengan hadiah terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, hadiah sebesar satu miliar rupiah menanti untuk pelari kategori maraton yang berhasil memecahkan rekor nasional milik Eduardus Nabunome, yakni 2 jam 19 menit 8 detik. Kejutan lainnya adalah pemenang pertama berkewarganegaraan Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Boston Marathon.